Beranda | Artikel
Apakah Iblis adalah Malaikat - Syaikh Utsman al-Khamis #NasehatUlama
Selasa, 24 Mei 2022

Apakah Iblis adalah Malaikat – Syaikh Utsman al-Khamis #NasehatUlama

Allah berfirman, “Kemudian mereka bersujud, kecuali Iblis… ” (QS. Al-Baqarah: 34) Kata “kecuali” (إِلَّا) di sini adalah Istitsnāʾ Munqatiʿ, dan telah kita bicarakan di pembahasan surat al-Baqarah, “kecuali” (إِلَّا) di sini bermakna “tetapi”, bermakna “tetapi”. Ini bukan Istitsnāʾ Muttaṣil, karena Iblis bukan dari golongan malaikat.

Iblis adalah dari kalangan jin, sebagaimana firman Allah Tabāraka wa Taʿālā, “Lalu mereka bersujud, kecuali Iblis yang berasal dari golongan jin, dia mendurhakai perintah Tuhannya.” (QS. Al-Kahfi: 50) Malaikat diciptakan dari cahaya, sebagaimana sabda Nabi Ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam “Sesungguhnya setan diciptakan dari api.” “… Dan malaikat diciptakan dari cahaya, dan adapun kalian—yakni manusia—seperti yang telah disebutkan pada kalian.” Yakni, serupa dengan penciptaan Adam.

Maka, Iblis ketika protes tentang Adam, dan protes tentang keharusan sujud kepada Adam, Iblis berkata, “Aku lebih baik dari dia, Engkau ciptakan aku dari api, dan menciptakannya dari tanah.” (QS. Al-A’raf: 12) Iblis akui sendiri bahwa dia diciptakan dari api, dia bukan malaikat, dia adalah jin yang diciptakan dari api.

Bahkan, seperti yang dikatakan oleh Ibnu Taimiyah bahwa Iblis adalah nenek moyang setan, sebagaimana Adam adalah nenek moyang manusia. Intinya, bahwa ketika Allah berfirman, “Kemudian mereka bersujud, kecuali Iblis… ” (QS. Al-A’raf: 11) “kecuali Iblis”, artinya: “tetapi Iblis”.

Baiklah, lalu kenapa Iblis disuruh sujud bersamaan dengan para malaikat? Beliau berkata bahwa Iblis dahulu termasuk ahli Ibadah, sehingga ia hidup bersama malaikat, walaupun bukan malaikat. Iblis hidup bersama malaikat, namun ia bukan malaikat. Iblis hidup bersama malaikat, namun bukan bagian dari malaikat. “Kemudian mereka bersujud, kecuali Iblis yang tidak mau ikut bersujud.” (QS. Al-A’raf: 11) Iblis menolak (untuk sujud kepada Adam).

================================================================================

قَالَ: فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ

إِلَّا هُنَا اِسْتِثْنَاءٌ مُنْقَطِعٌ

قَدْ مَرَّ بِنَا فِي سُورَةِ الْبَقَرَةِ

بِمَعْنَى لَكِنْ

بِمَعْنَى لَكِنْ

وَلَيْسَ اسْتِثْنَاءً مُتَّصِلًا

لِأَنَّ إِبْلِيسَ لَيْسَ مِنَ الْمَلَاَئِكَةِ

إِبْلِيسُ مِنَ الْجِنِّ

كَمَا قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى

فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ

فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ

وَالْمَلَاَئِكَةُ مَخْلُوقُونَ مِنْ نُورٍ

كَمَا قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

وَإِنَّ الشَّيَاطِينَ خُلِقُوا مِنَ النَّارِ

وَالْمَلاَئِكَةُ خُلِقُوْا مِنْ نُورٍ

وَأَنْتُمْ — يَعْنِي الْبَشَرُ— فِيمَا ذُكِرَ لَكُمْ

أَيْ فِي مِثْلِ خَلْقِ آدَمَ

وَإِبْلِيسُ لَمَّا احْتَجَّ عَلَى آدَمَ

وَاحْتَجَّ عَلَى السُّجُودِ لِآدَمَ

قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ

خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ

وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

فَهُوَ مُعْتَرِفٌ أَنَّهُ مَخْلُوقٌ مِنَ النَّارِ

وَلَيْسَ مَلَكًا هُوَ مَخْلُوقٌ مِنْ نَارٍ هُوَ الْجِنِّيُّ

بَلْ هُوَ كَمَا قَالَ ابْنُ تَيْمِيَّةَ هُوَ أَبُو الشَّيَاطِينِ

كَمَا أَنَّ آدَمَ أَبُو الْإِنْسِ

فَعَلَى كُلِّ حَالٍ قَالَ: فَسَجَدُوا إِلَّا إِبلِیسَ

أَيْ لَكِنْ إِبْلِيسُ

طَيِّبٌ لِمَاذَا إِذَنْ أُمِرَ مَعَ الْمَلَاَئِكَةِ؟

قَالَ: إِنَّهُ كَانَ مِنَ الْعُبَّادِ

فَكَانَ مَعَ الْمَلَاَئِكَةِ وَلَمْ يَكُنْ مِنَ الْمَلَاَئِكَةِ

إِبْلِيسُ كَانَ مَعَهُمْ وَلَيْسَ مِنْهُمْ

إِبْلِيسُ كَانَ مَعَهُمْ وَلَيْسَ مِنْهُمْ

فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ

لَمْ يَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ

رَفَضَ

 


Artikel asli: https://nasehat.net/apakah-iblis-adalah-malaikat-syaikh-utsman-al-khamis-nasehatulama/